Bekantan Fauna Khas Banua Kalsel yang Mendunia

Foto: Bekantan merupakan fauna identitas provinsi Kalimantan Selatan adalah jenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus Nasalis [grid.id]

 

A Be HITS.com–Bekantan (nama ilmiah: Nasalis larvatus) adalah jenis monyet berhidung panjang dengan rambut berwarna coklat kemerahan dan merupakan satu dari dua spesies dalam genus Nasalis. Hewan ini merupakan hewan endemik pulau Kalimantan yang tersebar di hutan bakau, rawa dan hutan pantai.

Ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar yang hanya ditemukan di spesies jantan.

Jenis fauna ini merupakan identitas provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Berbagai nama disematkan terhadap hewan ini diantaranya proboscis monkey atau long-nosed monkey dalam bahasa Inggris, kera bekantan dalam bahasa Malaysia, bangkatan untuk Brunei, sementara penduduk sekitar juga menyebutnya monyet Belanda atau kera belanda, pika, bahara bentangan, raseng, dan kahau.

Berdasarkan penangkapan liar yang terus berlanjut, hilangnya hutan, dan keterbatasan habitatnya, hewan khas dari banua Kalsel ini ditempatkan dalam status terancam punah (endangered) di dalam daftar merah IUCN. Spesies ini dilindungi baik oleh organisasi dunia maupun pemerintah Indonesia. Ia ditempatkan dalam CITES apendiks I.

Bekantan jantan berukuran lebih besar dari betina. Ukurannya dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg. Monyet betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg.